Kyokai no Kanata

Kyoukai no Kanata


Kyoukai no Kanata (境界の彼方 Kyōkai no Kanata?, Terjemahan: Di Balik Batas) atau Beyond the Boundary pada versi terjemahan bahasa Inggris, adalah sebuah serial novel ringan Jepang yang ditulis oleh Nagomu Torii, sementara ilustrasinya dikerjakan oleh Chise Kamoi. Karya ini memperoleh sebutan kehormatan dalam kompetisi Kyoto Animation Award pada tahun 2011. Kyoto Animation telah menerbitkan tiga volume semenjak Juni 2012. Sebuah anime yang diadaptasi dari novel ini mulai ditayangkan oleh Kyoto Animationsemenjak 2 Oktober 2013.

Suatu hari, seorang pelajar SMU bernama Akihito Kanbara secara insting ingin berusaha menyelamatkan seorang siswi yang satu sekolah dengannya, Mirai Kuriyama, dari percobaan bunuh diri. Ternyata, Mirai justru menusuk Akihito menggunakan pedang yang terbentuk dari darahnya. Mirai sendiri terkejut, karena Akihito ternyata adalah seorang imortal "setengah-youmu", anak dari manusia dan sesosok makhluk supranatural youmu. Setelah mengetahui bahwa Mirai adalah seorang Ksatria Dunia Arwah (Spirit World Warrior) dan merupakan yang terakhir dari klan keluarganya yang masih hidup, hidup keduanya menjadi terjalin. Akihito membantu Mirai memperoleh kepercayaan dirinya untuk memburu youmu, sehingga akan dapat berhenti melakukan uji coba menusuk dirinya sebagai latihan.
Akihito Kanbara (神原 秋人 Kanbara Akihito?)
Suara oleh: Kenn (Jepang), Clint Bickham (Inggris)
Akihito adalah siswa SMU kelas 2 yang sejatinya adalah sesosok imortal setengah youmu, keturunan seorang manusia dengan youmu. Tubuhnya dapat beregenerasi sangat cepat dari luka apapun, meskipun ia tetap merasakan rasa sakitnya. Karena kemampuannya itu, Mirai menggunakannya untuk berlatih sehingga ia adapat menjadi berani membunuh youmu.
Akihito adalah anggota Klub Literatur. Ia menyukai gadis yang menggunakan kacamata, yang ia tunjukkan dengan berbagai komentarnya pada Mirai serta berbagai ejekan Mitsuki kepadanya.
Pada saat tubuh manusia Akihito mengalami luka yang serius sehingga melemah, setengah dirinya yang youmu akan bangkit dan mengubah penampilan fisiknya. Sisi youmu Akihito sangat kuat, mampu mendobrak medan pelindung spiritual yang memerangkap dirinya serta melakukan kehancuran massal. Oleh karena hal tersebut, Akihito mengimplikasikan bahwa Klan Nase tidak dapat disebut sebagai teman pelindungnya, melainkan pengawasnya jika sisi youmunya mengamuk, dan mungkin membunuhnya jika keadaan mendesak. Ia pernah membunuh orang pada saat sisi youmunya muncul, dan pernah hampir membunuh Hiroomi. Sisi youmu Akihito memiliki kekuatan penghancur yang paling dahsyat di antara semua youmu dan disebut sebagai "Kyoukai no Kanata".
Mirai Kuriyama (栗山 未来 Kuriyama Mirai?)
Suara oleh: Risa Taneda (Jepang), Krystal LaPorte (Inggris)
Mirai adalah seorang siswi SMU kelas 1 yang memiliki kemampuan memanipulasi darahnya. Kemampuan tersebut sangat unik bahkan bagi lingkungan Dunia Arwah. Namun, jika menggunakan darahnya terlalu banyak, Mirai bisa mengalami anemia. Ia dibully oleh banyak orang karena komentar-komentar spontan yang ia lontarkan di blog pribadi serta twitter miliknya. Mirai memiliki kebiasaan berkata "menyebalkan" (「不愉快です」 "Fuyukai desu"?) (Bahasa Inggris: "How unpleasant") saat menghadapi banyak situasi.
Meskipun merupakan anggota keluarga klan dengan darah terkutuk, ia diadopsi oleh Klan Inami dan bersahabat dengan putri bungsu mereka, yaitu Yui Inami (dalam versi anime, Yui masih memiliki adik perempuan). Namun, Yui dirasuki oleh youmu kuat Hollow Shadow dan Mirai membunuhnya karena ketakutan. Kejadian tersebut membuat Mirai trauma dan takut untuk membunuh youmu. Mirai biasanya membentuk darahnya menjadi pedang berwarna merah darah.
Mitsuki Nase (名瀬 美月 Nase Mitsuki?)
Suara oleh: Minori Chihara (Jepang), Monica Rial (Inggris)
Mitsuki adalah siswi kelas 2 SMU sekaligus teman masa kecil Akihito. Ia adalah ketua Klub Literatur dan memiliki kebiasaan mengejek Akihito. Klannya mengatur para Ksatria Dunia Arwah di daerah mereka tinggal. Izumi, kakaknya, menanamkan pemikiran pada dirinya saat kecil bahwa Ksatria Dunia Arwah harus sendirian sepanjang hidup mereka karena kewajiban yang mereka emban. Hal tersebut membuat Mitsuki kurang memiliki pengalaman masa remaja bersama teman-teman. Ia memiliki peliharaan sesosok youmu berbentuk seperti hewan pengerat yang ia beri nama "Yakiimo". Sebagaimana saudara-saudarinya, Mitsuki memiliki kemampuan menciptakan medan pelindung.
Hiroomi Nase (名瀬 博臣 Nase Hiroomi?)
Suara oleh: Tatsuhisa Suzuki (Jepang), Adams Gibbs (Inggris)
Hiroomi adalah siswa kelas 3 SMU dan merupakan kakak Mitsuki. Ia memiliki gejala sister-complex dan merupakan salah satu dari anggota Klub Literatur selain Mitsuki, Akihito, dan Mirai. Hiroomi juga senang menggoda Akihito dan memanggilnya dengan panggilan kesayangan "Akkey." Hiroomi mahir dalam membuat medan pelindung sehingga youmu tidak dapat memasuki area yang ia lindungi, terutama lingkungan sekolah mereka. Ia terbiasa mengenakan syal yang selalu ia gunakan juga sebagai senjata. Hiroomi memiliki bekas luka di punggung akibat ulah sesosok youmu pada saat ia berusaha menahan Hollow Shadow agar tidak memasuki kota mereka.

Ksatria Dunia Arwah[sunting | sunting sumber]

Para Ksatris Dunia Arwah (異界士 Ikaishi?) adalah para spesialis yang melindungi manusia dari pengaruh youmu.
Shizuku Ninomiya (二ノ宮 雫 Ninomiya Shizuku?)
Suara oleh: Akeno Watanabe (Jepang), Amelia Fischer (Inggris)
Ninomiya atau "Nino-chan" adalah seorang Ksatria Dunia Arwah yang cukup ahli. Ia bekerja sebagai guru di SMU tempat Akihito bersekolah. Selain itu, ia juga berburu youmu untuk memperoleh tambahan uang. Meskipun masih muda dan cantik, ia sering dikecewakan oleh pria dan sangat sensitif dengan topik mengenai pasangan hidup.
Yayoi Kanbara (神原 弥生 Kanbara Yayoi?)
Suara oleh: Hiromi Konno (Jepang), Luci Christian (Inggris)
Kanbara adalah seorang Ksatria Dunia Arwah dan merupakan ibu kandung dari Akihito. Dalam cerita ini, Kanbara tidak tinggal bersama Akihito dan ia mengirim kartu pos untuk berhubungan dengan Akihito. Akihito menggambarkan ibunya sebagai seorang pemikir avant-garde yang "berjiwa bebas", disamping memiliki personalitas yang eksentrik serta jiwa kekanak-kanakan yang membuat malu Akihito. Salah satu kejadian adalah pada saat sekolah dasar Akihito menyelenggarakan Hari Orang Tua, Kanbara duduk di bangku murid sambil mengenakan kostum panda dan ikut berpartisipasi dalam kelas.
Izumi Nase (名瀬 泉 Nase Izumi?)
Suara oleh: Ayako Kawasumi (Jepang), Carli Mosier (Inggris)
Izumi adalah anak tertua dalam Klan keluarga Nase. Ia selalu bersikap tenang meskipun nada suaranya menekan lawan bicaranya. Suatu kali, Izumi pernah berkata kepada Fujima bahwa baginya, youmu tidak berbeda dari tanaman pertanian atau hewan peternakan sehingga keberadaan mereka adalah untuk menjadi sumber penghidupan bagi klannya. Sebagaimana anggota klannya yang lain, Izumi mahir menciptakan medan pelindung, bahkan mampu memperangkap youmu atau kesadaran manusia dalam pelindung beku yang ia ciptakan. Selain itu, Izumi juga mahir menggunakan senjatanya, yaitu tripple-stick dengan dua mata pedang Nagamaki yang dapat bersatu menjadi tombak bermata dua. Ia memiliki hubungan masa lalu dengan Miroku dan juga menyimpan youmu di dalam tubuhnya, kenyataan yang ia tutup-tutupi dari klannya yang lain.
Maya Minegishi (峰岸 舞耶 Minegishi Maya?)
Gadis berambut perak yang dikejar-kejar pada insiden Ksatria Dunia Arwah. Senjata yang ia gunakan adalah pistol otomatis dan revolver. Ia juga memiliki kemampuan untuk menekan kekuatan Petugas Interogasi.
Yu Mashiro (真城 優斗 Mashiro Yu?)
Teman masa kecil Mirai yang memiliki kemampuan mengendalikan boneka.

Observation Department[sunting | sunting sumber]

Miroku Fujima (藤真 弥勒 Fujima Miroku?)
Suara oleh: Masaya Matsukaze (Jepang), Houston Hayes (Inggris)
Seorang petugas interogasi dari Departemen Observasi Ksatria Dunia Arwah, ia memiliki kemampuan mengeluarkan benang-benang cahaya untuk menjerat dan membunuh youmu, serta melebur dalam benang cahaya tersebut untuk berteleportasi. Kekuatan tersebut berasal dari youmu yang tersimpan dalam tubuhnya. Fujima memiliki agenda sendiri untuk diselesaikan yang membuatnya bersinggungan dengan Klan Nase, terutama Izumi Nase.
Ukyo Kusunoki (楠木 右京 Kusunoki Ukyo?)
Seorang petugas interogasi.
Bellflower Nagamizu (永水 桔梗 Nagamizu Bellflower?)
Seorang petugas interogasi yang memiliki kemampuan memanipulasi berat suatu objek.

Klan Inami[sunting | sunting sumber]

Klan Inami adalah klan yang mengadopsi Mirai setelah para Ksatria Dunia Arwah menghabisi seluruh klan Mirai karena dianggap memiliki "darah terkutuk" dan bisa menjadi ancaman bagi dunia arwah karena kekuatan mereka. Hanya dua karakter yang disebutkan namanya, sementara ayah dari Yui Inami hanya muncul sekilas di versi anime pada saat kilas balik Mirai diadopsi oleh keluarga tersebut.
Yui Inami (伊波 唯 Inami Yui?)
Suara oleh: Sayuri Yahagi (Jepang), Sara Omelas (Inggris)
Yui Inami adalah putri dari Klan Inami sekaligus satu-satunya yang memperlakukan Mirai dengan baik. Namun, dalam suatui kecelakaan saat Yui dirasuki Hollow Shadow, Mirai membunuhnya karena ketakutan.
Sakura Inami (伊波 桜 Inami Sakura?)
Suara oleh: Moe Toyota (Jepang), Caitlynn French (Inggris)
Sakura adalah karakter yang hanya muncul di anime dan disebutkan sebagai adik bungsu Yui yang tidak memiliki kemampuan supernatural sebagaimana keluarganya. Sebagaimana Yui, Sakura juga memperlakukan Mirai dengan baik, hanya saja karakternya yang tanpa ekspresi dan cenderung malas tidak menunjukkan kehangatan sebagaimana Yui. Ia muncul pertama kali dalam rangka hendak membalas dendam kematian Yui dengan berusaha membunuh Mirai. Namun, Mirai berhasil menyadarkan perasaan Sakura yang sebenarnya dan bahwa tindakan balas dendamnya muncul akibat Miroku Fujima memperalatnya. Sakura tidak mengetahui bahwa pria yang memberinya senjata untuk membalas dendam adalah Miroku Fujima.

Youmu[sunting | sunting sumber]

Youmu (妖夢 Yōmu?, "Hantu mimpi") adalah makhluk supernatural yang hanya dapat dilihat oleh mereka yang memiliki keturunan supernatural. Dalam kisah ini, youmu dikatakan merupakan materialisasi fisik dari rasa permusuhan manusia seperti emosi negatif, termasuk kemarahan, kecemburuan, dan kedengkian. Oleh sebab itu, selama manusia masih ada, youmu akan tetap ada. Youmu dapat berwujud macam-macam dan dikelompokkan dalam beberapa tipe, bahkan diantaranya berwujud manusia. Miroku Fujima menjelaskan kepada Mitsuki bahwa youmu-youmu yang kuat terlahir dari akumulasi kebusukan dan kebencian batin manusia, dan butuh waktu bertahun-tahun hingga akhirnya mewujud. Youmu-youmu kuat diperkirakan menjadi penyebab wabah, bencana alam, dan perang jika dibiarkan begitu saja, sehingga menyebabkan dapat dunia hancur.
Terdapat kasus langka dimana sesosok youmu memiliki keturunan dengan manusia biasa dan anak mereka disebut Half-Youmu (半妖 Han-Yō?, "Setengah-Hantu"). Kebanyakan youmu relatif jinak dan hidup bersama manusia tanpa diketahui kehadirannya oleh manusia. Namun, ada beberapa kejadian saat tingkah laku youmu merusak keseimbangan, sehingga Ksatria Dunia Arwah dikirim untuk membunuh mereka. Setelah mati, sesosok youmu akan menghasilkan sebuah bijih kristal yang dapat ditafsir harganya dan dijual, sehingga menjadi penghasilan tambahan bagi Ksatria Dunia Arwah.
Ayaka Shindō (新堂 彩華 Shindō Ayaka?)
Suara oleh: Naomi Shindō (Jepang), Molly Searcy (Inggris)
Ayaka adalah sesosok penafsir harga bijih kristal youmu. Ia mengkamuflase bisnisnya sebagai kafe dan studio foto. Biasanya Ayaka menampikan wujudnya sebagai manusia, tetapi wujud aslinya adalah youmu berbentuk rubah berekor banyak. Selain mampu membuat medan pelindung, Ayaka juga mahir menggunakan Hu untuk berbagai keperluan, misalnya untuk menafsir harga bijih kristal youmu dan memperbaiki lubang pada medan pelindung yang dihasilkan Hiroomi.
Ai Shindō (新堂 愛 Shindō Ai?)
Suara oleh: Yuri Yamaoka (Jepang), Brittney Karbowski (Inggris)
Ai adalah adik Ayaka yang berusia 16 tahun dan merupakan tokoh yang hanya muncul di anime. Ia ikut bekerja menjaga toko Ayaka. Wujud aslinya adalah seperti kucing berekor dua. Meskipun seringkali menggunakan wujud manusia, ia lebih sering berwujud youmu dibandingkan Ayaka.
Hollow Shadow (虚ろな影 Utsurona Kage?)
Hollow Shadow adalah sesosok youmu yang sangat kuat. Sebagaimana youmu kuat lainnya, yang lahir akibat akumulasi dari beragam kebencian manusia, ia berbentuk abstrak dan wujudnya hanya sebagian kecil dari inti Hollow Shadow. Secara keseluruhan, Hollow Shadow berbentuk seperti asap hitam yang sangat besar sehingga dapat melingkupi seluruh kota beserta membengkokkan ruang-waktu di dalamnya. Mereka yang memiliki kemampuan supernatural akan melihat bahwa Hollow Shadow membuat bulan terlihat berwarna ungu. Ia juga mempengaruhi para youmu di sekitarnya sehingga menjadi lebih agresif.
Hollow Shadow mengeksploitasi kelemahan mental dan emosi orang-orang yang berada di dalamnya serta menciptakan ilusi labirin dari ingatan mereka. Para Ksatria Dunia Arwah diberi peringatan untuk menghindari Hollow Shadow karena ia dapat merasuki mereka. Bahkan lima Ksatria Dunia Arwah level A berhasil ia kalahkan dengan mudah pada kemunculannya yang terakhir. Hiroomi dan Ayaka menciptakan medan pelindung supaya Hollow Shadow tidak memasuki kota mereka.
Beyond the Boundary (境界の彼方 Kyōkai no Kanata?)
Beyond the Boundary adalah setengah bagian Akihito selain sisi manusianya, dan hingga saat ini masih dalam kondisi dorman. Izumi menjelaskan kepada Akihito bahwa Beyond the Boundary lahir setiap beberapa ribu tahun setelah cukup mengumpulkan kebencian manusia. Konon, ia muncul untuk mengembalikan kesadaran manusia, setelah kemanusiaan kehilangan alasan mereka ada di muka bumi. Dalam kondisi normal, manusia tidak akan mampu bertahan jika Beyond the Boundary berada di dalam tubuhnya, tetapi Akihito mampu bertahan tanpa diketahui mengapa sehingga ia menjadi imortal. Mirai menghisap Beyond the Boundary dengan darahnya yang spesial sehingga membuat dirinya menghilang ke dalam asap hitam, meninggalkan Akihito dalam kondisi tidak sadarkan diri.
Sebagai pertanda kemunculannya, ia melapisi permukaan bumi dengan lapisan mirip cermin yang digunakan untuk menciptakan dimensi duplikat dari area yang dilapisi. Dimensi tersebut akan tetap tidak terlihat kecuali jika ada kekuatan eksternal sangat kuat sehingga membuatnya tampil seperti bola dunia hitam di langit. Ia memiliki kekuatan untuk mengekstrak dan mengabsorbsi energi supernatural dari semua pemilik kekuatan supernatural, misalnya dari para Ksatria Dunia Arwah dan seluruh youmu dengan cara menarik mereka ke bola dunia tersebut.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

Iori Ichinomiya (一ノ宮 庵 Ichinomiya Iori?)
Iori Ichinomiya adalah seorang pengumpul informasi yang memiliki kemampuan untuk menghubungkan pikirannya dengan internet untuk memperoleh informasi. Dalam versi anime, Iori tidak pernah muncul, melainkan hanya disebutkan oleh Hiroomi bahwa ia meminta bantuan Iori untuk mencari informasi mengenai Mirai.
Kana Shinozaki (篠崎 夏菜 Shinozaki Kana?)
Gadis kelas 2 SMU di SMU Nagatsuki. Ia mengenakan pita besar di rambutnya. Ia biasa berseru "Hey!"


0 Response to "Kyokai no Kanata"

Posting Komentar